Triumph Bonneville Handmade & Custom

Triumph-Bonneville-Handmade-Custom_2

MB-Lorenzo “The Fugar” Fugaroli dari FMW Motorcycle bukan hanya ahli merombak motor dan melakukan kustom, ia bisa pula menjadi pembuat motor seutuhnya. Ini dibuktikan sejak beberapa kreasinya berhasil menjadi komponen OEM, dimana komponen itu semuanya dibuat dengan tangan. Akhirnya sang pemimpi ini menemukan Triumph Bonneville yang dasarnya adalah motor padang pasir, motor dengan kualitas pengerjaan yang sangat baik.

Apa yang akan ditinggalkan setelah Fugaroli melakukan pengukuran, berapa persen komponen Bonnie 2005 yang masih bisa dipertahankan, dia mengatakan kalau 70% keseluruhan bagiannya akan dibuat baru, ada sekitar 20% perubahan dimesin, dimana sasis dan bodi bisa dikatakan 90% baru.  Bila dilihat ini adalah kerjaan para maniak tanpa meninggalkan sedikitpun apa yang dimiliki oleh objeknya. Ini benar-benar menarik karena motor akan memancarkan cahaya retro yang sangat kuat.

Bagian mesin dari Bonnie 2005 diberi pasokan kit DynoJet untuk meningkatkan keluaran tenaganya serta untuk memperbaiki torsi agar bisa sempurna disetiap putaran mesin. Saringan udara OEM juga saluran masuknya diganti dengan perangkat free-flow model lama berupa karburator Arrow dengan saringan model busa.

Sproket baru serta pendingin oli dibuat terintegrasi dengan rangka belakang, tidak hanya itu disana bisa menampung sekitar 1,2 oli tambahan. Sistem ini memungkinkan mesin bekerja lebih dingin sekitar 7 derajat Celcius. Rangka tambahan dibuat oleh FMM, sama halnya dengan dua spakbornya serta dudukan setang, dan pengikat garpunya. Kecuali suspensinya yang tidak disentuh hanya diberikan elemen custom pada kedua ujungnya.

Juga baru, perkabelan dibuat sangat sederhana agar terlihat rapi, didukung dengan kunci kontak baru. Tangki alumnium MBG adalah satu dari beberapa bagian yang tidak dibuat di FMM. Juga master silinder depan diambil dari merek lain berasal dari milik Honda CB lama. Bagian yang langsung dikerjakan adalah cat powder coating untuk peleknya, sadel custom dan tangki dari Fugar. Padahal telah banyak bagian yang diubah tapi ternyata masih meninggalkan ciri Triumph.

Foto : autoevolution

0

Published by : denikendors | ON : 16 Agu 2014

Comments