Export Suzuki Address Ke Pasar Global

Export Suzuki Address Ke Pasar Global_1

MB-Dimulai dari kemunculan perdana Suzuki Address di ajang INTERMOT, German pada tahun 2014 lalu, Suzuki Address telah berhasil menjadi sorotan sebagai produk skutik produksi Indonesia pertama yang akan dipasarkan secara global. Tingginya standar mutu dan kualitas produk yang diterapkan di Eropa dan Jepang mampu dipenuhi oleh fasilitas manufaktur sepeda motor Suzuki di Indonesia.

Mengawali pergerakan bisnis di industri otomotif tahun 2015, PT Suzuki Indomobil Motor (PT. SIM) dan PT. Suzuki Indomobil Sales (PT. SIS) divisi roda dua selaku produsen dan pemasar sepeda motor Suzuki melakukan ekspansi pasar produk skutik dengan sebuah terobosan berupa ekspor perdana Suzuki Address ke 24 negara yang terdapat di Eropa, Jepang dan Oceania pada hari Jumat, 27 Februari 2015. Bertempat di PT SIM Tambun Jawa Barat, peresmian ekspor Suzuki Address turut dihadiri dan dilepas secara resmi oleh Manajemen Suzuki Motor Corporation Japan, Jajaran Pimpinan Indomobil Group serta Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Suzuki Motor Corporation Japan (SMC) selaku induk perusahaan sepeda motor Suzuki telah mempercayakan Indonesia sebagai mother plant untuk produksi sepeda motor di kawasan Asean sejak lama. Volume produksi untuk pasar domestik cukup besar, selain itu Suzuki juga mampu menerapkan produksi yang efisien dan berhasil mencapai biaya produksi yang kompetitif. Kini Suzuki di Indonesia juga dipercaya untuk memproduksi sepeda motor berkualitas global sekaligus mengekspor hingga Eropa, Oceania dan Asia. SMC memiliki strategi mengekspor varian sepeda motor global agar setiap negara dapat saling mengisi kelengkapan varian produknya. Secara permintaan, pelanggan Indonesia memiliki kesamaan kebutuhan seperti Eropa dan Jepang yaitu sepeda motor yang irit konsumsi bahan bakar dan memiliki bagasi yang besar.

Suzuki Address sebagai skutik irit terbaru dari Suzuki menjadi skutik produksi Indonesia pertama dan satu-satunya yang memenuhi standar dunia untuk di ekspor dengan target total pengiriman sebanyak 30.000 unit (CKDset/CBU) sepanjang tahun 2015 dengan tujuan 24 negara, atau sekitar 20% dari proyeksi jumlah total ekspor sepeda motor Suzuki tahun 2015(150.000 unit).

Export Suzuki Address Ke Pasar Global_2

Dalam acara ini Menteri Perdagangan Republik Indonesia Rachmat Gobel menyatakan kalau target perkembangan 300% dari ekspor sektor otomotif sepertinya akan dapat dengan mudah terjangkau.   Dimana dalam 5 tahun ke depan ditargetkan ekspor sektor ini bisa mencapai 5 juta unit.  Rachmat Gobel sangat mengapresiasi ekspor yang dilakukan Suzuki dan berharap bisa diikuti oleh pabrikan lainnya.

Bukan hanya itu, berbagai dukungan akan diberikan pemerintah untuk bisa lebih mendongkrak ekspor.  Salah satunya pemerintah akan mendukung dengan pemberian insentif serta bantuan lainnya, seperti yang dikatakan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Saleh Husin, SE, M.SI pada sambutannya.

0

Published by : denikendors | ON : 27 Feb 2015

Comments