Indonesia Potensial Menjadi Eksportir Motor

Indonesia Potensial Menjadi Eksportir Motor

MB-Melihat pasar motor domestik yang berkembang sangat pesat, dalam 2014 lalu saja berkisar di angka 8 jutaan unit.  Seperti diketahui bahwa saat ini penjualan motor di Indonesia sangatlah besar dibanding negara lainnya di dunia.

Dengan volume sebesar itu maka industri komponen pendukung pun akan ikut berkembang menjadikan produk Indonesia memiliki daya saing tinggi di dunia.  Dalam pembuatannya, motor bisa dikatakan sebagai produk padat karya.  Ini pun merupakan nilai tambah dalam meningkatkan daya saing.

“Motor merupakan produk padat karya, lain dengan mobil yang sebagian besar pengerjaannya bisa dilakukan dengan robot.  Sebut saja pengecatan bodi motor masih dilakukan secara manual, juga pengelasan,” jelas Soebronto Laras – Komisaris PT. Suzuki Indomobil Motor.

Soebronto menegaskan pula,” Banyak negara memang berorientas ekspor tapi karena volume produksinya tidak sebesar kita maka kurang mendapat dukungan dari industri komponennya, menjadikan daya saingnya rendah.  Lain dengan di Indonesia dan ini adalah kesempatan bagi industri motor kita”.

Seperti yang dilakukan Suzuki adalah langkah awal yang benar dan terus akan dikembangkan tidak hanya pada model skutik tapi juga model lainnya.

0

Published by : denikendors | ON : 27 Feb 2015

Comments