150 Peserta Hadiri Seminar SR AMMDB

SR-bali2

Sebanyak 150 peserta menghadiri seminar Safety Riding (SR)  yang dihelat Astra Motor Main Dealer Bali (AMMDB) bekerjasama dengan Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (Stikom )  Bali serta Ditlantas Polda Bali  di Aulo Stikom Bali, Selasa (09/06).

Pembantu  Rektor  III  Ida Bagus Suradarma SE Msi dalam sambutan pembukaan mengungkapkan,   Stikom  menyambut baik seminara lantaran sangat positif  untuk  menambah pengetahuan  keselamatan berlalu lintas  terutama  saat mengendarai  sepeda motor.

“Setidaknya dengan mengetahui teknik berkendara sepeda motor yang baik,  bisa mengurangi   kecelakaan lalu lintas  roda dua, apalagi kebanyakaan mahasiswa kami adalah pengguna sepeda motor,” tutur Ida Bagus.

Ia menambahakan, tidak hanya bagi diri sendiri (Peserta), kami berharap  setelah mengikuti seminar ini, mereka  juga  bisa meneruskan  pengetahuan ini kepada keluarg maupun masyarakat lainnya.

sr-bali

Tampil sebagai pembica pertama AKBP Khaidar Latief  Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Bali. Dalam makalah bertajuk Sosialisasi Undang-Undang No 22 2009, pria kelahiran Purwakarta Jawa Barat mengurai,  secara detail seputar kelengkapan sepeda motor, mulai dari  penggunaan helm hingga  kewajiban nyalakan lampu utama.

Pada kesempatan itu dia juga menuturkan,  sepanjang tahun 2014 total kecelakaan lalu lintas diwilayah Bali sebanyak 1051 kejadian dengan korban meninggal 471 orang, luka berat 343 orang sisanya luka  ringan .

” 75,2% diantara kecelakaan ini  diakibatkan karena kelalain pengendara seperti tidak menggunakan helm dan  kelengkapan standar lainnya, karena itu kami mengimbau semua pengendara motor senantiasa mematui semua peraturan sebagaimana yang tertera di Undang- Undang ,” ujar Khaidar.

Sementara pembica kedua Daniel Aria Nugraha  SR Planning &External Affair Safety Riding&Motorsport Astra Honda Motor (AHM) mengajak peserta untuk senantiasa menyadari pentingnya keselamatan berlalu lintas. Untuk memotivasi kesadaran peserta,  pria yang pernah bertugas sebagai Tecnical Service Engineer AMMDB juga memutarkan berbagai video kecelakaan –kecelakaan lalu lintas. Mulai dari proses awal kecelakaan hingga akibat yang ditimbulkan.

“Saat ini kecelakaan lalu lintas menjadi pembunuh nomo 5 di dunia. Jika ini tidak kita sadari dari sekarang bukan tidak mungkin kedepannya bisa jadi nomor satu,” ungkap Daniel.

Seminar yang berlangsung sehari mendapat respon postif dari peserta , terbukti dengan banyaknya pertanyaan  peserta untuk para pembica disaat sesi tanya jawab.

Ngurah Iswayudi  wakil dari team SR AMMDB mengungkapkan  seminar ini merupakan salah satu tanggung jawab Honda sebagai produsen sepeda motor untuk mengajak konsumen untuk senantiasa menjaga keselamatan berlalu lintas.  “ Setelah Stikom, even yang sama juga akan kami adakan di universitas maupun sekolah tinggi lain yang ada di Bali,”pungkas Ngurah.

0

Published by : denikendors | ON : 10 Jun 2015

Comments

Comments are closed.