Senggolan Rossi vs Marquez di Assen, Siapa yang Salah?

assen_2015-2

Sebagaimana kita ketuahui bersama para penggemar panatik MotoGP. Race ke delapan di Assen, Belanda pada akhir balapan sangat menegangkan dimana terjadi senggolan antara Valentino Rossi dan Marq Marquez.

Saat press conference setelah balapan kedua pembalap punya argumen masing-masing. Rossi berpendapat “I remember I was in front” sedangkan Marquez juga dengan pendapatnya “I remember I was on the inside”. Keduanya berpendapat bahwa tindakannya tidak ada yang salah.

Race Director MotoGP, Mike Webb akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi terkait insiden antara Valentino Rossi dan Marc Marquez di tikungan terakhir sebelum garis finish di MotoGP Assen 2015. Kesimpulannya adalah itu hanya insiden dalam sebuah balapan! Apa artinya?

Artinya adalah hasil race tidak berubah. Rossi memenangkan balapan sementara itu Marquez runner up walaupun Rossi harus memotong tikungan dan masuk gravel alias nge-off road sebelum menyentuh garis finish lebih dulu sekitar 1,2 detik depan Marquez.

Sebelumnya seperti kita ketahui bersama di lap 26 alias lap terakhir tikungan terakhir sebelum finish terjadi insiden dimana Rossi yang tengah di depan tersenggol oleh Marquez yang terlihat berusaha masuk dari dalam sehingga sepertinya memotong racing line Rossi. Senggolan tidak terhindarkan, Rossi dan M1-nya “terlempar” ke kiri sehingga masuk gravel, beruntung dengan tetap meluruskan M1-nya, Rossi tidak sampai ndlosor dan malah finish lebih dulu dibanding Marquez. Marquez sendiri setelah insiden senggolan itu justru melambat dan tetap di trek yang menjadikannya lebih jauh dari garis finish.

Untuk menentukan keputusan siapa yang benar di insiden tersebut, Mike Webb harus memeriksa seluruh kamera yang merekam kejadian di tikungan akhir tersebut. Semua view kamera dari berbagai sudut dilihat dan dianalisa. Paling vital adalah kamera dari Helikopter yang merekam setiap fragmen dari posisi balap Rossi dan Marquez. Kesimpulannya adalah Rossi memang berada di depan Marquez hingga insiden terjadi. Dan itu murni insiden dalam sebuah balapan. Tidak ada yang diuntungkan ataupun dirugikan dari insiden itu.

“Jadi, Valentino memang berada di linenya, dan dia tengah di depan. Dia tidak sedang dilewati (Marquez). Dan ketika dia telah berada dipuncak racing linenya tangan kanan dia tersentuh Marquez yang membuat Valentino melebar (ke gravel). Itu adalah murni insiden dalam balap. Semua itu tidak bisa dihindari,” tambah Webb menjelaskan bahwa Rossi tidak secara sengaja mengambil jalan pintas.

“Dua hal penting adalah itu merupakan senggolan dan Anda tidak boleh membuat pembalap lain keluar dari garis balapnya. Pada akhirnya kedua pembalap masuk dan keluar tikungan pada posisi yang sama. Tidak ada yang diuntungkan. Selesai”, tutup Webb

foto: motogp.com

0

Post Tags: #
Published by : denikendors | ON : 29 Jun 2015

Comments

Comments are closed.