Mengintip Keunggulan Suzuki GSX-R150

Capture1MBiker – Suzuki- GSX-R150  baru akan diluncurkan secara resmi  pada bulan Februari mendatang. Motor sport  jagoan baru PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang pertama hadir menyapa para pengunjung pameran IMOS 2016 ini telah menjalani penyempurnaan, hal ini diungkapkan Morikawa Daigo, Assisten to Sales & Marketing 2W Departement Head PT SIS.

Meskipun masih meyimpan rapat kisaran harga jualnya, pihak SIS memberikan informasi keunggulan Suzuki GSX150 yang akan dipasarkan dalam dua varian, GSX-R150R dan GSX-S150S. Seperti dipaparkan Audi Tarantini, Sales&Marketing 2W Product Planning PT SIS.

“Konsep produk GSX-R150 merupakan terobosan revolusioner di kelas backbone 150cc memiliki performa mesin yang superior, desain sasis  kompak dan bobot yang lebih ringan, sporty dan beraura motor balap serta desain electrical yang canggih,”terang Audi.

Sejarah klan Suzuki GSX-R series dimulai lebih dari 30 tahun lalu dimanaSuzuki memperkenalkan GSX R series yang memiliki kecanggihan teknologi dan performa layaknya motor balap di kelas sport bikes.

Capture4

“Rentang tahun 1980 hingga 1996 diawali dengan launching pertama seri GSX-R 750 dilanjutkan dengan penamaan GSX-R model serta inovasi pada pada sasis GSX-R series hingga menjadi model sepeda motor sport dengan teknologi modern kelas dunia. Pada tahun 2000 hingga 2015 menjadi era baru di GSX-R series dengan inovasi desain dan teknologi,”papar Audi.

Keunggulan dari GSX-R 150 meliputi desain, mesin dengan rasio kompresi yang optimal, “advanced” sistem injeksi dan penggunaan bahan bakar yang irit, menggunakan diameter throttle body yang besar, kapasitas box saringan udara yang besar, knalpot yang berperforma tinggi, teknologi silinder plat SCEM , piston dan ring piston dengan performa tinggi  dan transmisi dengan 6 percepatan

Dari sisi pola rancang bangun,  rangka GSX-R150 memiliki bobot  paling ringan dikelasnya, desain rangka (frame) yang yang kompak, ringan dan seimbang / stabil. Desain fairing yang ringan, Memiliki posisi riding  yang sporty dan nyaman.

Capture9

Desain piringan cakram yang lebar, menggunakan ban tube-less dengan ukuran 17” dipadu velg ringan palang 10. Hugger fender sebagai kelengkapan standar. Desain tempat duduk yang terpisah  “Racer-like”. Pijakan kaki boncengan yang terpisah. Desain sudut kemudi yang meningkatkan kemampuan bermanuver.

Mesin satu silinder berkasitas 150cc DOHC berpendingin cairan yang digunakan GSX-R150  mempunyai  rasio kompresi yang mengoptimalkan ruang bakar sehingga menghasilkan power yang maksimum dan akselerasi yang mumpuni,lebih bertenaga jika dibandingkan dengan kompetitornya. Rasio kompresi GSX-R150 adalah 11:5,1 sedangkan merk H 11,3:1 dan merk Y adalah 10,4:1.

“Bila dibandingkan dengan kompetitornya, GSX R150 lebih unggul dengan power maksimumnya 14.1 kw/10,500rpm dengan torsi maksimumnya 14,0 N-m/9,000rpm sedang di Brand H power maksimumnya 12,6 kw/9,000rpm dengan torsinya 13,7 N-m/7,000rpm dan Brand Y 12,2 kw/8,500rpm di torsi maksimum 14,5N-m/7,500rpm,”papar Audi.

Rancangan knalpot memilki  diameter knalpot besar untuk meraih power dan performa yang maksimal. Suara knalpot yang sempurna dihasilkan dari pembuatan 2 saluran buang akhir yang berbeda. Sebuah catalytic converter yang terpasang membuat GSX-R150 memenuhi standar emisi Euro3

Desain elektrikal menerapkan sistem Key-less ignition system (untuk varianGSX-R150), Shutter-key lock system (untuk varian GSX-S150), Answer-back function, Suzuki easy start system, LED headlights, Multi-function dan full LCD instrumen.

GSX-R150 dilengkapi dengan fitur Key-Less System, sehingga lebih efisien dan lebih praktis pengendara tinggal pencet remote dan menyalakan mesin tanpa harus repot mencari kunci dan memasukkan ke lubang kunci.

“Sebuah tombol pada remote yang berfungsi  Answer-Back untuk mengaktifkan maupun mengunci, menyebabkan lampu sein depan akan berkedip dan membuatnya lebih mudah untuk menemukan motor pada saat parkir di tempat parkir,”tambah Audi.

Capture14

Panel instrument model digital multi fungsi memiliki fitur seperti indikator posisi gear, indikator interval oli , penunjuk waktu / jam dan twin trip.  Untuk indikator RPM, fitur yang diadaptasi dari teknologi Moto GP memiliki tiga pilihan mode: High Mode: diatas rpm 5.000 hingga 9.500 lampu  menyala. Low Mode: di rpm 4.000 hingga 5.000 lampu berkedip dan VOLUNTARINESS Mode : rpm bisa disesuaikan dari rpm 3.000 hingga 11.500  dengan besaran kelipatan 500rpm.

“Desain bodi yang  aerodinamis dengan Smart Cowling diadopsi dari GSX – R1000 dengan desain yang ramping dan desain cowling yang ringan sehingga hambatan angin menjadi lebih sedikit dan menghasilkan kecepatan yang maksimum,” tutup Audi.

Untuk pilihan warna GSR-R150 tersedia dalam lima pilihan yaitu brilliant white, matt black, metallic triton blue, stronger red-titan black dan titan black. Sedangkan varian GSX-S150 ditawarkan dalam empat ragam pilihan warna yaitu ice silver, matt black, metallic tritin blue, dan stronger red-titan black.

Capture22

0

Published by : Eko Ferry | ON : 14 Feb 2017

Comments

Comments are closed.