Tips Memilih Kredit Kendaraan Yang Menguntungkan

 

MFM Finance  – Tingginya angka penjualan otomotif di Indonesia sudah pasti didukung oleh daya beli masyarakat Indonesia yang juga tinggi terutama untuk memenuhi kebutuhan otomotif yang telah bergeser peruntukannya beberapa tahun belakangan ini.

Kendaraan roda dua maupun roda empat tidak lagi menjadi kebutuhan luxury tetapi telah menjadi kebutuhan pokok untuk mendukung aktivitas dan gaya hidup masyarakat.

Adapun beberapa alasan masyarakat melakukan transaksi dalam industri otomotif untuk membeli kendaraan bermotor adalah: sebagai investasi, karena sistem transportasi publik yang dirasa masih kurang nyaman, lifestyle/gaya hidup, demonstration effect dan kebutuhan.

Tingginya perkembangan penjualan otomotif tersebut juga diakomodir dengan adanya cara pembelian kendaraan yang lebih mudah baik melalui kontan atau membeli secara tunai langsung maupun secara kredit berkala. Masyarakat juga sudah semakin pintar untuk memilih cara pembelian kendaraan bermotor yang sesuai dengan kemampuan finansial mereka.

Meskipun pembelian secara tunai lebih menjadi prioritas karena harga beli kendaraan menjadi lebih murah dimana tidak terkena bunga dan administrasi, lebih mudah untuk menjual kendaraan kembali jika terpaksa karena surat kelengkapan sudah dimiliki dan tidak pusing memikirkan angsuran tiap bulan.

Namun begitu, pembelian secara kredit juga menjadi opsi terbaik bila kondisi keuangan tidak mencukupi. Pembelian secara kredit meskipun harganya menjadi lebih mahal namun besaran angsuran tiap bulan dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial masing-masing serta dapat memiliki barang yang diinginkan dengan cepat meski belum memiliki uang yang cukup untuk membeli tunai dan tentunya sangat membantu bagi yang membutuhkan barang dalam keadaan mendesak.

Betty Anjarini, Regional Manager MFM Finance juga memberikan tips seputar cara memilih perusahaan pembiayaan terpercaya serta cara cerdas memilih kredit kendaraan. Dengan bertumbuhnya perusahaan pembiayaan guna mengakomodir kebutuhan masyarakat dalam memiliki barang yang diidamkan secara mudah dan ringan, memang masyarakat harus cerdas memilih perusahaan pembiayaan yang akan menjadi mitra mereka dalam melakukan transaksi melalui kredit.

“Yang pasti ada 5 kriteria utama yang menjadi arahan dalam memilih perusahaan pembiayaan yaitu 1) memiliki reputasi yang baik dan berpengalaman, 2) memiliki pelayanan yang baik, 3) memiliki cara pembayaran angsuran yang fleksibel, 4) kendaraan dilengkapi dengan asuransi selama masa kredit berlangsung dan 5) memiliki keamanan yang baik untuk penyimpanan BPKB kendaraan. Dengan menilik ke-5 kriteria tersebut maka konsumen dapat memiliki barang yang diidamkan secara cepat dan mudah serta mendapatkan jaminan keamanan pembiayaan”.

MFM Finance sebagai lembaga pembiayaan terkemuka di Indonesia yang berada dibawah MFM Group dan telah berpengalaman selama 26 tahun serta memiliki 82 cabang di seluruh Indonesia, yang kali ini menjadi narasumber pada acara talkshow dengan bloggerotomotif yang diselenggarakan secara rutin oleh mobil123.com memaparkan tentang 3 kelebihan pembelian kendaraan bermotor khususnya mobil secara kredit yaitu 1) terasa lebih ringan karena konsumen tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah besar secara sekaligus, 2) cash flow tetap terjaga karena konsumen tidak perlu menguras tabungan untuk mendapatkan barang yang diinginkan dan 3) tidak perlu menabung terlalu lama untuk dapat memiliki barang yang diinginkan.

Betty juga membocorkan tentang cara cerdas dalam memilih kredit mobil yang menguntungkan kepada blogger yang hadir. “Memilih mobil juga tidak boleh sembarangan, jangan sampai seperti membeli kucing dalam karung dan mengalami kerugian. Cermati cara yang benar: yang pertama, pilih kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan, kemudian juga pilih perusahaan pembiayaan yang memiliki reputasi dan pengalaman yang baik, pastikan besaran angsuran sesuai dengan kemampuan finansial, pastikan kendaraan di cover asuransi dengan skemacomprehensive (all risk) selama masa pembiayaan dan pelajari isi perjanjian pembiayaan. Dengan mencermati 5 hal utama tersebut, sudah pasti pembelian mobil dengan cara kredit memberikan keuntungan terbaik”.

Namun begitu pembiayaan secara kredit juga memiliki beberapa aturan yang tentunya juga harus diketahui konsumen agar dapat menjadi referensi kemudahan dalam memperoleh persetujuan kredit. Berikut beberapa pertimbangan suatu perusahaan pembiayaan mengeluarkan persetujuan kredit: Konsumen yang mengajukan kredit tidak pernah masuk blacklist APPI dan BI checking, Dokumen persyaratan harus lengkap dan sesuai dengan kondisi sebenarnya, Besaran angsuran yang diambil harus sesuai dengan kapasitas finansial konsumen, Penuhi minimum syarat uang muka, Memiliki tempat tinggal tetap yang jelas, Memiliki tujuan peminjaman yang jelas: produktif atau konsumtif dan Menjadi calon konsumen yang kooperatif dalam memberikan jawaban ketikaproses survei

Indra Prabowo, Managing Editor mobil123.com mengatakan bahwa kami memiliki komitmen untuk memberikan wadah edukasi inspiratif bagi masyarakat otomotif Tanah Air dengan menggelar rangkaian kegiatantalkshow dan tatap muka dengan berbagai kalangan termasuk blogger secara rutin dan berkesinambungan.

“Sebagai situs otomotif terpercaya, kami memiliki komitmen untuk berbagi berbagai informasi dan wawasan serta mengedukasi para pembaca kami khususnya terkait perkembangan otomotif dan industrinya melalui wadah temu blogger yang digelar secara berkala di beberapa tempat di Indonesia. Selain dengan blogger, melalui ajang ini kami pun berinteraksi dan memberikan kesempatan kepada beberapa perusahaan untuk berkolaborasi dan menjadi narasumber yang disesuaikan dengan topik yang diangkat. Kami berharap kontribusi yang kami perlihatkan selama ini dapat membantu mengedukasi masyarakat untuk menjadi masyarakat yang cerdas di segala hal,”ujar Indra.

 

0

Published by : Eko Ferry | ON : 02 Mar 2017

Comments

Comments are closed.