Mobil Antik Dan Motor Tua Ramaikan Expo Industri Kreatif Mobil Dan Motor IOI

 

Sebanyak 30 unit  mobil lawas milik anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) Bali  serta 12 motor tua meramaikan Expo  Industri yang dihelat Institute Otomotif Indonesia (IOC).

Selain mobil lawas produksi 1913-1970, digelar di Bali Creative Industry Centre (BCIC) Denpasar yang akan berlangsung 7 Maret- 12 Maret 2017 juga diramaikan dengan kehadiran mobil –mobil modifikasi kreasi carsmetic Bali

 

Presiden IOI I Made Dana Tangkas mengungkapkan Expo ini bertujuan mewadahi kreativitas masyarakat, dan diharapkan bisa memperlihatkan peta potensi pelaku industri kreatif otomotif sehingga ke depan bisa digarap secara optimal.

“Melalui ekspo ini, para pelaku industri kreatif mobil dan motor, terutama yang bergerak di bidang komponen dan industri kreatif seperti aksesoris mobil dan motor modifikasi bisa menampilkan karya-karya unggulan mereka, termasuk para komunitas pencinta otomotif,” kata Presiden IOI I Made Dana Tangkas.

Expo didukung sejumlah pelaku industri otomotif nasional seperti Toyota Indonesia dan diikuti berbagai anggota asosiasi di bidang otomotif seperti PIKKO (Perkumpulan Industri Kecil Komponen Otomotif), GIAMM (Gabungan Industri Alat-alat Mobil dan Motor), IMDIA (Indonesia Mold & Dies Industry Association (IMDIA), GATOMI (Gabungan After Market Otomotif), Gabungan Modifikasi Mobil dan Motor dan sejumlah komunitas otomotif, termasuk dari Ikatan Motor Indonesia (IMI).

“Para pengunjung nantinya dapat melihat berbagai kreativitas di bidang modifikasi mobil dan motor serta komponen otomotif, termasuk yang bisa digunakan untuk asesoris. Kami juga menyediakan bengkel bagi pengunjung yang ingin mengganti asoseri kendaraan mereka,” kata Made Dana.

 

Menurut Made Dana, potensi pelaku industri kreatif di bidang otomotif di Indonesia sebetulnya cukup besar, ini antara lain terlihat dari berbagai kemajuan di bidang modifikasi dan asesoris. Sebagian besar pelakunya adalah industri kecil menengah (IKM) yang berpeluang untuk menjadi pemasok komponen, maupun kelengkapan mobil/motor lainnya.

Inilah salah satu target IOI, memperkuat IKM di bidang otomotif agar tingkat pengunaan komponen dalam negeri bisa terus ditingkatkan. “Salah satu program pemerintah saat ini adalah meningkatkan akses dan mendorong pertumbuhan IKM untuk mengisi potensi pasar yang terus berkembang. Ke depan, industri otomotif harus lebih memasyarakat dengan meningkatkan jumlah dan kualitas IKM-nya” kata Made Dana.

 

 

 

0

Published by : Hendrik Kleden | ON : 09 Mar 2017

Comments

Comments are closed.