Komunitas Byson Independent Peduli Bumi

Komunitas Motor – Seiring berjalannya waktu kita perlu mempersiapkan segala sesuatu untuk kelangsungan masa depan hidup anak cucu kita, terutama sumber daya alam dan lingkungan, yang mana saat ini begitu sangat menghawatirkan. Eksploitasi terhadap alam secara terus menerus tanpa memikirkan ketersediaan sumber daya alam yang kian lama kian habis terkuras.

Dan untuk tema kali ini bertepatan dengan Hari Bumi komunitas Byson Independent melakukan kegiatan peduli bumi mengangkat Tema “Conserving Forest Mountain Lembu Purwakarta”. Seperti diketahui Earth Day atau Hari Bumi diperingati setiap tanggal 22 April ? Hari Bumi ini pertama kali diperingati pada tahun 1970 dan menjadi sebuah peristiwa peringatan yang besar sampai dengan saat ini.

Kegitan positif kali ini dilakukan oleh perwakilan dari komunitas Bikers Penyelenggara FAMGATH PURWASUKACI (Purwakarta-Subang-Karawang-Cikampek) oleh BBIC (PURWAKARTA), BIPL (PURWAKARTA), MUNDING EDAN (PURWAKARTA), YBCP (PURWAKARTA), BYOS (SUBANG), BRIXX (SUBANG), BOCK (CIKAMPEK) dan YBKC (KARAWANG) dalam rangka memperingati hari bumi ini dengan cara melakukan penghijauan, penanaman pohon di daerah Gunung Lembu Purwakarta.

Gunung lembu memiliki ketinggian 792 Mdpl. Pos keberangkatan pendakian di kampung Panunggal, Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta.

“Menurut  keterangan yang kami peroleh dari pengelola keamanan pendakian Gunung Lembu, bahwa baru kali ini ada komunitas club motor yang melakukan kegiatan penghijauan di gunung lembu ini.  Merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi kami pada kesempatan yang tepat ini kami isi dengan kegiatan yang bermanfaat seperti ini,” ujar Kang Hendra dari komunitas YBCP.

Ia menambahkan tujuan khusus dari kegiatan penghijauan yaitu untuk pelestarian bumi yang kita cintai ini, mencegah erosi dengan penanaman pohon, membuang sampah pada tempatnya dan memungut sampah dari atas puncak gunung lembu yang dilakukan all bikers, kemudian dikumpulkan di kantor Desa Panyindangan, menghimbau dan mengajak masyarakat untuk melakukan penghematan terhadap penggunaan listrik, air dan kertas, untuk pelestarian masa depan hidup anak cucu kita kelak.

Penghijauan mempunyai peran dan fungsi penting dalam kelestarian lingkungan dan dikelompokan dalam beberapa bagian,  yaitu : manfaat secara hidrologis, manfaat secara orologis, manfaat secara ekologis, manfaat secara klimatologis, manfaat secara edphis, manfaat secara estetis, manfaat secara higienis dan manfaat secara ekonomis

Kegiatan reboisasi ini mendapat dukungan dari MUSPIDA Purwakarta, Kecamatan Sukatani, Kepala Desa Panyindangan,Agus & keluarga, Tokoh Masyarakat (Kuncen) H. Adang Gunung Lembu Purwakarta. Semua Club yang telah hadir dari luar Purwasukaci BIML (Metro Lampung), BSAI (Ciledug-Tangerang), All Brothers Family B.I.S.A & Comunity lainnya.

Langkah kecil positif keluarga BISA ini semoga menjadi inspirasi bagi komunitas motor lainnya.

0

Published by : Eko Ferry | ON : 27 Apr 2017

Comments

Comments are closed.